Jenis Colokan Listrik di Seluruh Dunia





Sebagai seorang pengguna gadget, kita harus pintar mempersiapkan diri terhadap jenis konektor listrik yang akan dihadapi saat berpergian keluar Negeri.

Seperti yang sudah kita ketahui diluar sana ada beberapa tipe colokan ( konektor ) listrik yang berbeda. Masing - masing Negara mengadopsi jenis berbeda. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan jenis colokan yang tepat agar tidak was - was saat melancong.

Sebelum memulai dengan mengetahui jenis colokan dan voltase umum yang biasa digunakan di sebuah Negara, kamu harus tahu jenis- jenis colokan yang ada

Jenis Konekstor


A.



China ( GB 1002 - 1996 )



Australia (SAA/3/15)

Socket ini masuk dalam tipe I . Umum digunakan di Australia. Menariknya, jenis socket ini merupakan satu-satunya yang digunakan disana. Jenis colokan ini juga banyak diadopsi di Cina.

B.



Italy (CEI 23-16)

Tipe colokan dengan tonjolan tiga sejajar ini biasa disebut dengan tipe L. Banyak diadopsi di Italia dan menjadi jenis colokan yang unik di daerah ini. Selain jenis ini, Italia juga menggunakan tipe yang sama dengan di Indonesia, yakni colokan dengan tonjolan dua sejajar yang disebut tipe C dan F. Jadi jika kamu membawa colokan khas Indonesia, sebenarnya tidak ada masalah ketika berada di Italia.

C.



Europe (CEE (7) V8)

Kalau kamu masih penasaran apa itu tipe F, ya ini dia. Sebagian besar negara Eropa kecuali Inggris dan Italia menggunakan jenis ini.

D.



Japan (NEMA 6 - 20)



Notrh America (NEMA 5-15)

Jika kamu bernia melancong ke Jepang, maka kamu harus siap bertemu dengan jenis colokan di atas. Jenis ini disebut tipe B. selain juga mengadopsi tipe A yang merupakan colokan dengan dua lempeng saling berdekatan dengan konektornya. Amerika serikat, Kanada dan sebagian Negara di benua Amerika juga menggunakan tipe colokan yang sama.

E.



UK (BS1363/A)

Colokan yang digunakan di Inggris merupakan tipe G. Jenis ini juga banyak diadopsi oleh Negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirate Arab.

Untuk kenyamanan para pelancong, biasanya di hotel atau penginapan berkelas, akan tersedia jenis colokan yang universal. Tapi bukan berarti kita tidak perlu tahu bukan ..

Semoga bermanfaat ya

Komentar